Selasa, 07 Juni 2011

LAMPUNG FAIR 2011

"LAMPUNG FAIR" cukup asing bagi telinga saya, karena sejak saya duduk dibangku SD event ini biasa disebut dengan "Pameran". Entah sejak kapan nama event ini berganti, Tapi disini saya tidak akan mengulas tentang nama dari event ini. Lampung fair adalah acara tahunan yang dilaksanakan di Provinsi Lampung, biasanya sih dilaksanakan pada saat perayaan HUT kemerdekaan RI. Acara berskala nasional tersebut akan menjadi tolok ukur keberhasilan Pemerintah Daerah Lampung dalam mempresentasikan profil pembangunan lampung 2011  dan  mempromosikan potensi daerah Lampung melalui kebudayaan serta pembangunan

Hal yang berbeda pada Lampung Fair 2011 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1s/d 18 Juli 2011, adalah menggabungkan Lampung Expo (LE), karena kedua kegiatan ini pembagiannya jelas, LE lebih ke bisnis dan LF orientasinya ke pesta rakyat dan pameran pembangunan, yang akan di satukan dalam satu lokasi di PKOR Way Halim Bandar Lampung. Khusus untuk Lampung Expo, pihak Event Organizer PT. Grand Modern akan mengundang sebanyak mungkin Provinsi untuk ikut serta, seperti Provinsi Riau, NTB, Provinsi di Kalimantan, dan provinsi lain di Jawa. Acara ini juga akan memecahkan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia), minum kopi bersama 17.500 orang.
Untuk jumlah peserta saat ini telah mencapai 180-an stand. Namun, jumlah tersebut di luar peserta UMKM. Untuk peserta UMKM sendiri telah mencapai 80 persen dari kuota yang disiapkan. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai ajang atau sarana para pemilik usaha mempromosikan produknya. Sebab, Lampung Fair 2011 ini merupakan gabungan dengan acara Lampung Expo yang biasa dilaksanakan di akhir tahun. Kemudian untuk peserta dari kementerian tengah dalam proses. Begitu juga dengan kedutaan besar. Sementara untuk satuan kerja perangkat daerah (SKPD) seluruh kabupaten/kota dipastikan mengikuti acara ini.
 
Event berskala nasional ini direncanakan dibuka menteri perdagangan atau menteri kebudayaan dan pariwisata. Panitia juga menjanjikan akan menyajikan acara pembukaan yang spektakuler. Mulai penampilan tari massal, drumband, dan kembang api berdurasi 30 menit. Acara lainnya yang akan disajikan di acara ini adalah book fair yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan. Melalui kegiatan tersebut, masyarakat Lampung dapat membeli berbagai buku yang dibutuhkan dengan harga murah. Juga akan membuka Business Expo. Untuk Rincian Acara Lampung Fair 2011 dan Denah Lokasi dapat dilihat digambar di bawah ini :

Rincian Acara Lampung Fair 2011

Denah Lokasi Lampung Fair 2011
Biaya tiket masuk Lampung Fair 2010 dikenakan kepada pengunjung sebagai alat survei jumlah pengunjung, menciptakan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), mengontrol kapasitas, mengontrol pertanggung-jawaban keuangan, dan untuk menciptakan citra Lampung Fair 2010 sebagai event yang memiliki nilai jual. Nah untuk soal biaya ini saya belum mendapat info, tapi biasanya tiket masuk Rp. 5k, tiket terusan Rp. 5k, dan tiket parkir Rp.5 k. event ini selain menarik banyal pengunjung juga menarik copet dan kroni-kroninya, jadi berhati-hatilah selama berada di sana. semoga event tahun ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar