Senin, 20 Juni 2011

Teluk Kiluan Lampung : the dolphin heaven (sebuah catatan Perjalanan)

Catatan ini menceritakan perjalanan saya dan gerombolan teman saya ( tika, ikal, yoga, dan riri) ke teluk kiluan. Sebagian besar foto di blog ini di ambil oleh martikaamaisa dan  Riri, saya hanya divisi perusak foto hhe8. Mohon maaf atas keterbatasan saya dalam menulis catatan perjalanan ini. maklum, masih dalam taraf belajar.

Perjalanan kami ke teluk kiluan bisa dibilang mendadak dan tanpa persiapan matang, saya sendiri mendapat kabar 3 hari sebelum keberangkatan. Jon Bon Jovi pernah bilang "hidup tanpa rencana adalah indah" tapi menurut saya perjalanan tanpat rencana tak akan indah. ngomong-ngomong si Indah ga ikutan diperjalanan kali ini. Rencananya rombongan yang akan berangkat berjumlah 9 orang dan karena sesuatu dan lain hal satu persatu mereka pergi mengundurkan diri. But, the show must go on. Saya harus tetap bernyanyi (lhooo) hha8

Teluk kiluan terletak di  Pekon (Dusun) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung terletak di koordinat S5.749252 E105.192740. Sudah lama saya mendengar keeksotisan pulau ini, baru kali ini saya ada waktu untuk menjumpainya.  H-2 saya koordinasi dengan rombongan mengenai teknis akomodasi, transportasi dan penginapan. Transportasi yang kami gunakan dari Bandar Lampung menuju Teluk kiluan adalah travel, kenapa kami pilih travel ? .. begini, apabila kami menggunakan alat trasportasi antar kota biasa, maka kami akan mengeluarkan budget yang kurang lebih tidak jauh dari angkutan travel, malah bisa lebih repot, waktu tempuh yang lebih lama juga karena barang bawaan kami banyak :D . Oh iya lebih baik jika membawa mobil 4WD jangan make travel Avanza dan sejenisnya dijamin tersiksa haha. Rutenya kurang lebih seperti ini : Bandar Lampung - Pasar Ikan - Bawang- Ojek -Kiluan.
Akomodasi kami persiapkan dari Bandar Lampung, mengingat harga makanan yang ada di pulau kiluan lebih mahal dan tidak bervariasi. Oh iya sangat disarankan membawa sunblock, disana suka khilaf. dan yang terahir Penginapan. Penting sekali untuk memastikan penginapan untuk perjalanan di pulau kiluan, karena disana cuma ada 4 tempat penginapan yang semalam hanya Rp. 150.000,- kapasitas  5-6 orang, tapi jika sodara berminat menggunakan tenda , disana stok tenda banyak jadi jangan khawatir...monggo mawon ^^ . Lain-Lain biaya masuk pulau kiluan adalah sebesar Rp. 5000,- dan penyebrangan ke pulau kiluan Rp. 15.000,-
Kami berangkat dari Bandar Lampung pukul 10.00 WIB dari rumah ikal di teluk betung. Dari Bandar Lampung menuju Pekon Kiluan Negeri kami di suguhi Pemandangan yang sangatlah menyegarkan.Di kanan kiri kami terdapat hutan2 dengan bermacam-macam pepohonan yang menyejukkan mata. Selama perjalanan ini pula, kami disuguhkan pemandangan pada perkampungan-perkampungan di Lampung Selatan, dengan rumah panggung sebagai ciri khas-nya, menjadi daya tarik tersendiri dalam perjalanan kali ini. Setelah menempuh perjalanan selama 3,5 Jam dengan medan yang sangat berat (bagi yg suka mabuk perjalanan) Kami tiba di teluk kiluan, dari teluk kiluan kami naik boat yang telah dipersiapkan untuk rombongan kami (disini kami pesan satu paket dengan penginapan) ke pulau kiluan (kiluan berarti kelapa, tapi yang saya heran kok disini sedikit pohon kelapanya).

Kurang lebih 15 Menit naik boat ahirnya kami tiba di pulau kiluan, satu hal yang perlu sodara tahu, ombak disini bahaya sodara-sodara. kenapa? karena ombaknya seolah manggil-manggil kita untuk segera berenang disepanjang pantai.hahaha . suer ombaknya bening, bersih karang dan ikanya bisa kita lihat dari permukaan. FYI signal Ponsel hampir tidak ada disana ada bangku khusus yang disediakan untuk bertelepon ria, ada signalnya lhooo, ya putus-putus dikit harap maklum, juga kalo bawa BB kesini dijamin ganti fungsi jadi alat penyetel lagu Setelah istirahat dan makan siang selama 1 jam saja (jadi inget band favenya tika ). kami memutuskan untuk langsung  menyewa peralatan snorkeling sebesar Rp. 25.000,- dan pelampung Rp. 5000,- langsung jebur seharian. Sangat disayang kan sekali keindahan pulau ini tidak dilengkapi fasilitas yang mumpuni, pihak penanggung jawab pulau tidak menyediakan kapal yang disewakan untuk snorkeling di pulau ini juga ga ada kantin pokoknya hilang dari peradaban sementara hhe8. kurang lebih 4 jam kami snorkeling ria di spot2 terdekat. kami melihat keindahan sunset di pulau kiluan. Luar biasa amajing, keindahan sunset di pulau kiluan gradasi warna yang sangat indah, yg blm saya dapatkan selama berkunjung di pantai lampung selama ini.

Jangan khawatir mengenai listrik dipulau ini, ada walau hanya dari jam 18.00 WIB sampai jam 00.00 WIB, karena menggunakan diesel. Jangan membawa Pemanas air Listrik, dan magic Jar dijamin ga guna dan hanya akan menjadi beban saja . ehem*. di malam hari kami menikmati pemandangan malam dipulau kiluan, kebetulan malam itu sedang puranama, bintang bersinar dengan terangnya, menerangi hati-hati yang gelap, semakin gelap obrolanpun semakin tak terkendali. Ditemani sedikit api unggun curhat colongan satu-persatu muncul. Karena saya paling ga tahan mendengarkan curhat berjamaah , pukul 22.00 WIB saya memutuskan untuk tidur lebih awal.

Kesokan harinya Pukul 05.30 WIB kami sudah bersiap untuk berburu eh melihat lumba-lumba, dana sebesar  Rp.250,000,- telah dipersiapkan untuk sewa 1 perahu Jukung yang berkapasitas 4 orang termasuk pengemudi yang akan mengantar sodara ke Samudra Hindia. Mahal ? saya kira sesuai dengan pengalaman yang akan sodara dapatkan nanti :). Saya Jamin adrenalin anda akan terpacu, naik jakung kecil (menurut saya) di samudra lepas yang luas melihat lumba-lumba yang berenang bergerombol disekeliling jakung, membuat saya merendahkan diri atas kekuasan Allah SWT, Subhanallah, Luar biasa :)  o iya ini perlu di ketahui :
  • Perlengkapan berenang, sunblock, kamera (disarankan membawa lensa tele untuk menangkap moment lumba-lumba), makanan sebisa yang dibawa karena di Teluk Kiluan tidak ada penjual makanan besar, dry pack (untuk kamera, lensa, dan barang berharga yang tidak tahan air) yang dipergunakan selama ’huntingdolphin.
  • Jungkung yang digunakan sangat kecil, lebar hanya sekitar 45 cm, dengan panjang sekitar 2.5 m, untuk yang agak takut dengan air, disarankan membawa live vest jacket.
  • Berdoa sebelum berangkat, mengingat saat ini lumba-lumba lumayan susah untuk ditemukan, ombaknya juga tinggi. :)

Kurang lebih selama 2 Jam kami berada di samudra lepas kami kembali ke pulau. snorkeling sebentar dan take a photo session, ada satu spot foto yang sangat menarik yang wajib jika berkunjung ke kiluan, tempatnya di Laguna. Jalan untuk menuju spot foto ini  lumayan terjal, dan disarankan memakai sepatu. Apalagi kalo dipake sesi foto buat prawed. sadissss. setelah selesai berfoto ria kami berpamitan dengan para penghuni pulau dan pengunjung yang lain, di dua hari tersebut (sabtu/minggu 11/12 june 2011) pulau tersebut cuma terisi kurang lebih 20 orang (penghuni dan pengunjung pulau). sungguh menyenangkan sekali sempat berlibur ke tempat ini,., pulau kiluan,...... tempat yang asik semoga tidak lekas terusik.