Jumat, 01 Februari 2013

THE NOTEBOOK

Dated Released : 25 June 2004
Quality :DVD RIP
Info : imdb.com/title/tt0332280
IMDb Rating : 7.9 (148,989 users)
Starring : Ryan Gosling, Tim Ivey, Rachel McAdams
Genre : Drama | Romance  

Entah kenapa gue lagi pengen drama romantis.. Iseng-iseng nyari rekomendasinya di IMDB. Dan kebetulan film inilah yang pertama gue temukan beserta link downloadnya. Ya sudah, hajar! hehe..

The notebook (2004) Bercerita tentang kisah cinta Noah, seorang pemuda desa miskin dan Allie, gadis kota dari keluarga berada. Berbagai rintangan mereka lalui dalam hubungan mereka. Jarak dan waktu pun tak lantas melunturkan rasa di antara mereka. Terdengar romantis bukan? itu belum apa-apa, kalian akan menemukan berbagai momen-momen yang begitu menyentuh hati ketika menonton sendiri filmnya.


Film ini dibuka dengan adegan seorang lelaki mengayuh perahu di danau pada senja hari. disekelilingnya, burung angsa beterbangan entah menuju ke mana. Dari sebuah rumah di dekat sana seorang wanita tua sedang memperhatikan dia, dengan tatapan yang penuh makna. Sungguh sebuah adegan pembuka yang luar biasa, ditambah lagi adegan itu diiringi backsound instrumen piano. Menit-menit pertama yang langsung membuatku yakin akan jatuh cinta pada film ini.

Kisah cinta Noah-Allie berlatar di tahun 40 an.  Dalam film ini, cerita cinta mereka dikisahkan kembali oleh seorang pria tua yang membaca dari notebook (notebook=buku catatan, bukan notebook gadget itu ya :D ).

Noah  pertama kali melihat Allie (umurnya waktu itu 17 tahun) pada acara karnaval malam di desa. Ia langsung jatuh cinta pada pandangan pertama dan begitu gigih berusaha untuk meluluhkan hati Allie. Agak sulit pada awalnya.. namun kegigihan Noah akhirnya bisa meluluhkan hati Allie.. Jadilah akhirnya mereka berpacaran. Dan ternyata mereka benar-benar saling mencintai !! Sejenak.. kita akan merasa kalau kisah cinta mereka begitu sempurna.
Allie sendiri sebetulnya bukan orang sana, ia hanya menghabiskan liburan musim panasnya dengan seluruh keluarga di Seabrook, south California. Parahnya.. Orangtua Allie yang statusnya adalah keluarga kaya, tidak menyukai Noah yang kesehariannya hanya bekerja di tempat pemotongan kayu. Alih-alih mendapat restu, kedua orang tua Allie malah seperti ingin memisahkan mereka berdua. Puncaknya ketika Noah lupa waktu mengajak ALie jalan-jalan ke sebuah rumah tua hingga jam 2 malam, orang tua Allie seperti kebakaran jenggot. Dan menyuruh Allie meninggalkan Noah.

Keesokan harinya, mereka benar-benar harus berpisah.. perpisahan yang buruk, karena sebelumnya mereka bertengkar hebat.. Bahkan sampai terucap kata putus.
Waktu terus berlalu, mereka berdua sama sekali tidak pernah berhubungan lagi.. hingga beberapa tahun kemudian, ketika Allie sudah akan menikah dengan laki laki tampan dan dari keluarga kaya, Tuhan akhirnya memper temukan mereka kembali. Apa yang akan terjadi? Akankah mereka bisa bersatu?


***

Film ini dibuat berdasarkan novel karya Nicholas Sparks dengan judul yang sama. Sebuah kisah cinta klasik. perbedaan status sosial, perbedaan jarak, perbedaan sifat sangat lekat dengan cerita cinta mereka. Tapi dibalik semua perbedaan itu mereka punya satu kesamaan.  Mereka saling mencintai satu sama lain!!  he, kalau melihat cerita mereka gue jadi teringat antara seseorang dengan seseorang :D


Ada banyak momen momen yang memorable di film ini, sepertinya tak berlebihan kalau banyak yang bilang kalau film ini adalah drama romantis terbaik yang pernah dibuat. Sangat cocok untuk ditonton bersama pasangan.. eh, tapi.. film ini mendapat rating PG-13, artinya agak banyak menampilkan adegan adegan yang cukup vulgar. Sepertinya terlalu "berbahaya" kalau hanya ditonton berdua bersama pasangan jika belum halal. hehehe.. :D

Film ini menyajikan twist ending. Meskipun sebenarnya gue sudah bisa menebak endingnya, he.. tapi tetap akan terasa sweet dan romantis :) kalau kebetulan berasa kena di hati, jangan ragu untuk meneteskan air mata ya..

Adegan yang cukup memorable menurutku adalah ketika Noah mengajak Allie naik perahu di danau, menyaksikan sekumpulan angsa yang sedang berenang, tiba-tiba saja hujan turun.. dan merekapun berciuman. Adegan yang masuk dalam 10 ciuman terbaik sepanjang masa.



kalau kutipan percakapan favoritku adalah ketika Noah meyakinkan Allie untuk menentukan pilihan, ketika Allie harus segera menemui tunangannya yang sudah menjemputnya di Seabork.

" Would you stop thinking about what everyone wants? Stop thinking about what I want, what he wants, what your parents want. What do YOU want? What do you WANT? "



Film The Notebook akan memberikan gambaran pada kita tentang cinta dan logika. Pilihan antara Kemapanan dan kenyamanan. Dan yang paling utama adalah tentang kekuatan cinta. Kekuatan luar biasa yang bisa mengubah hidup manusia.

Hey.. apa gue melewatkan cerita tentang rumah? atau tentang Alzheimer? hmmm.. tonton sendiri aja deh fimnya :) gue lagi malas cerita terlalu banyak. Hehe

Tambahan: inilah isi surat pertama dari 365 surat yang dikirimkan Noah kepada Allie, surat yang sangat terlambat diterima Allie.


Sayangku Allie,


Aku tidak bisa tidur semalam 
karena gue tahu hubungan kita sudah berakhir.
Gue tidak sedih lagi, karena Aku tahu
bahwa apa yang kita alami dulu adalah nyata.

Dan kalau di tempat lain
di kemudian hari nanti
kita bertemu lagi,

Aku akan tersenyum
padamu dengan kebahagiaan
dan mengingat bagaimana
kita menghabiskan musim panas di bawah pepohonan

belajar dari satu sama lain
dan tumbuh berkat cinta.

Cinta terbaik
adalah yang bisa membangunkan jiwa
dan membuat kita
ingin mencapai lebih tinggi,

yang menumbuhkan sepercik api
di dalam hati kita
dan membawakan kedamaian ke
pikiran kita.

Dan itulah yang kau berikan
pada ku
Itulah yang kuharapkan bisa
kuberikan padamu selamanya.


Aku cinta kau.
Kita akan bertemu lagi, 


Noah.



Tapi kalau disuruh membandingkan, gue masih akan memilih (500) days of summer sebagai drama romantis favorit gue, :p




Tidak ada komentar:

Posting Komentar